Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Sharing » 100 Soal Tes CPNS 2013 Untuk Pelamar Umum

100 Soal Tes CPNS 2013 Untuk Pelamar Umum

(676 Views) August 28, 2013 10:11 am | Published by | No comment

Ada 100 soal yang akan dituntaskan oleh para peserta ujian. Pemerintah telah menyiapkan secara khusus soal ujian bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Keduanya adalah sistem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.
Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan digelar serentak pada 3 November 2013.
“Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU) dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5,” ungkapnya seperti dikutip detikFinance, Selasa (27/8).
Guna mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi ilegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu. Pemerintah yakin, tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktik-praktik tidak terpuji itu.
Dalam pelaksanaannya, panitia seleksi nasional pengadaan CPNS bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya. “Lemsaneg akan mem-protect supaya soal-soal pada sistem CAT tidak bocor. Dijamin seratus persen aman,” kata Setiawan.
Jangan percaya bocoran
Sementara itu, Menteri PAN-RB Azwar Abubakar memastikan jika penyeleksian tes masuk CPNS akan berlangsung ketat dan semua peserta diperlakukan sama. “Sangat ketat. Pertama semua tes kompetensi dasar disiapkan Menpan. Jadi sekarang semua yang masuk PNS, semua harus mengikuti tes PNS, semua sama,” kata Azwar saat ditemui di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (27/8).

Dia menyebutkan, pihaknya menyiapkan sedikitnya 20 ribu jenis soal yang akan diberikan tes secara acak yang terdiri dari soal LJK maupun tes komputerisasi.
“Inti soal itu, kompetensi dasar kepribadian, potensi akademik, wawasan kebangsaan. Baru setelah itu lewat kompetensi bidang tertentu,” ujarnya.
Azwar meyakini tidak akan bocoran soal terkait ujian CPNS ini. Menurutnya, semua soal sudah diamankan secara rahasia. “Semua soal sudah dikunci. Jangan percaya ada bocoran,” katanya.
Terkait pelaksaan tes, dia menambahkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa kampus, kepolisian ataupun LSM untuk menertibkan kelangsungan ujian tersebut. “Pengawasan dari daerah masing masing-masing, ada polisi, ada konsorsium LSM juga,” kata dia. (sumber: detik)

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

Categorised in:

No comment for 100 Soal Tes CPNS 2013 Untuk Pelamar Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *