Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Android » Cara Membersihkan Memori Agar Kinerja Android Lebih Cepat

Cara Membersihkan Memori Agar Kinerja Android Lebih Cepat

(11162 Views) October 25, 2013 6:58 pm | Published by | No comment

 

Setelah lama menggunakan Blackberry, sudah mulai mengeluh dengan lambatnya loading di BB tersebut, kemudian gunakan android, setelah beberapa lama digunakan, mulai dari GalTab 2 awal menggunakan android, sedikit-sedikit mulai mengerti dengan sistem yang digunakan.

Kemudia, timbul lagi masalah, kenapa Android juga makin lama terasa semakin Lama loadingnya ? berikut saya share sedikit pengalaman otak atik android di samsung galaxu core yang baru saya beli beberapa hari yang lalu, hehe.

Pertama yang harus kita ketahui adalah, kecepatan dari sebuah perangkat komputer atau komputer genggam atau komputer tablet istilahnya atau juga smartphone disebut banyak orang, dipengaruhi oleh kapasitas RAM (Random Access Memory), dan Processor yang digunakan oleh perangkat tersebut.

Bagaimana cara mengetahui RAM dari smartphone yang digunakan ?, Untuk mengetahui itu tidaklah terlalu susah, karena setiap perangkat yang akan dijual di sebuah toko biasanya memberikan spesifikasi dari smartphone tersebut, jadi pilihlah yang memiliki RAM diatas 1GB atau 1024 MB. dan pilih juga processor yang diatas 1GB.

Lalu, bagaimana cara meringankan beban RAM agar bekerja maksimal dan Androidnya lebih cepat ?

Sekarang sudah terlanjur dibeli, RAM nya ternyata cuma 1GB, dan tidak bisa diupgrade menjadi 2GB, solusinya adalah dengan cara meringankan bebean RAM itu sendiri, RAM akan diisi atau terbebani jika terjadi suatu aktifitas di dalam smartphone, setiap aplikasi yang dibuka maka akan menggunakan bagian dari RAM untuk menyempan aktifitas sementara, jika sudah terlalu banyak yang digunakan aplikasi dalam smartphone maka RAM itu akan penuh, sehingga membuat loading smartphone kita menjadi lama.

Hal itu terjadi karena, kita malas mengeluarkan aplikasi dengan cara yang benar, contohnya setelah melakukan browsing dengan browser, langsung saja di tekan tombol merah dan langsung keluar, padahal di aplikasi browser itu sendiri ada menu untuk Close, karena keseringan kita mengeluarkan aplikasi tidak sesuai prosedur, maka RAM tetap akan digunakan meskipun kita tidak bekerja lagi dengan aplikasi tersebut.

Untuk di android sendiri, tapi saya coba pencet tombol bagian bawah dari Samsung Galaxy Core saya, maka muncul banyak aplikasi yang terbuka tapi tidak kelihatan, kemudian saya klik yang paling kiri, seperti lingkaran yang dibagi-bagi, perhatikan gambar 1, saya pilih itu. dan muncul tampilan seperti di Gambar 2.

Cara mempercepat kinerja android di smartphone

Setelah itu saya pindah ke menu RAM, dan disana terlihat sangat sedikit RAM yang kosong untuk bekerja, dan dibawahnya ada Clear, disana juga ada peringatan kalau ingin membersihkan RAM, simpan dulu data pada aplikasi yang terbuka, atau yang sedang berjalan.

RAM dan Processor sangat mempengaruhi kecepatan akses android

Setelah di Clear barulah beban RAM sedikit berkurang, dan kecepatan kinerja Android pun sedikit lebih lancar.

Sekian sharingnya, terimakasih telah membaca, dan terimakasih telah meninggalkan komentar.

 

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

No comment for Cara Membersihkan Memori Agar Kinerja Android Lebih Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *