Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Sharing » E-KTP Tidak Bisa Difotokopi, Ini Solusinya

E-KTP Tidak Bisa Difotokopi, Ini Solusinya

(1039 Views) May 8, 2013 8:16 am | Published by | No comment

faradika.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi telah menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait pemanfaatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP, dan kewajiban menggunakan card reader bagi instansi pemerintah dan swasta yang membutuhkan data dalam setiap E-KTP itu.

Dalam SE Nomor: 471.13/1826/SJ tertanggal 11 April 2013 yang ditujukan kepada para Menteri/ Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK)/Kepala Lembaga lainnya, Kapolri, Gubernur Bank Indonesia (BI)/Para Pimpinan Bank, para Gubernur, Bupati/Walikota itu, Mendagri menyebutkan, bahwa di dalam e-KTP tersebut dilengkapi dengan chip yang memuat biodata, pas photo, tanda tangan dan sidik jari penduduk, sehingga e-KTP dimaksud tidak dimungkinkan lagi dipalsukan/digandakan.

“Chip yang tersimpan didalam e-KTP hanya bisa dibaca dengan card reader (alat pembaca chip),” tulis Mendagri.

Mungkin akan membingungkan masyarakat ketika sosialisasi tentang cara penggunaan E-KTP ini tidak sampai ke seluruh kalangan masyarakat, karena memang biasanya dan sejak dulu masyarakat selalu memfotokopi ktp nya untuk keperluan administrasi. Dan itu mereka lakukan karena ada tuntutan dari instansi atau lembaga yang membutuhkan data asyarakat.

Jika sosialisasi dan pemahaman diberikan dengan baik kepada masyarakat, dan semua isntansi atau lembaga sudah mempersiapkan Card Reader seperti yang di sebutkan Mendagri, saya rasa hal itu akan membuat semua akan lebih mudah, kita tidak perlu lagi fotokopi ktp dulu ketika akan berurusan dengan sebuah isntansi, kita tinggal melakukan scan E-Ktp kita dengan alat mereka.

Dengan telah berjalannya siste seperti itu, mungkin kita akan merasakan lagi salah satu kemudahan dengan bantuan teknologi, tapi kesiapan dan kelengkapan dari semua instansi untuk memiliki fasilitas yang memudahkan itu entah kapan kita tidak tahu, kata mendagri kepada semua jajarannya agar memfasilitasi semua badan usaha yang ada di kementrian masing masing, hingga ke tinggat paling rendah. Jika saja semua bisa dilengkapi saya rasa itu sangat bagus dan sangat membantu masayrakat dengan pemenfaatan teknologi.

Disisi lain, kepanikan warga tetap akan terjadi mendengar E-Ktp tidak bisa di fotokopi. Saya sebelumnya sudah melakukan suaru hal yang mungkin sudah saya lakukan sebelum isu E-Ktp tidak boleh difotokopi ini beredar, disini saya sedikit sharing berbagi pengalaman tentang itu, baru saja E-Ktp saya selesai sekitar akhir tahun 2012 lalu, sampai dirumah saya langsung menyimpannya dalam bentuk soft copy (file dalam komputer), saya foto dengan menggunakan kamera digital dan HP, kemudian disimpan dalam komputer dan bahkan di dokumen Online juga saya simpan, karena saat itu saya berfikir memang akan dibutuhkan nantinya, baik untuk sarat administrasi secara online maupun akan dibunakan untuk difotocopy nantinya. Dan sekarang saya punya E-Ktp dan punya Soft E-Ktp, dan itu bisa di print berulang kali dan tidak akan merusah E-Ktp yang asli, karena yang akan merusak Chip pada E-Ktp itu adalah proses Scan pada mesin fotokopi, pada proses scan akan terjadi pencahayaan yang tajam ke E-ktp kita, dan itu yang tidak dianjurkan terlalu sering oleh pemerintah.

Demikian sedikit pengalaman saya, dan semoga kita tidak panik dengan pemberitaan tidak boleh fotokopi e-ktp ini, dan semoga saja semua instansi atau badan usaha memiliki card reader untuk kita melakukan administrasi ke tempat tersebut, sehingga tidak repot lagi dengan urusan fotokopi.

Terimakasih, Faradika : 0811221787 / PIN:263584F0

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

Categorised in:

No comment for E-KTP Tidak Bisa Difotokopi, Ini Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *