Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Smartphone » Indonesia Paling Konsumtif Belanja Smartphone

Indonesia Paling Konsumtif Belanja Smartphone

(675 Views) October 25, 2014 5:38 pm | Published by | No comment

smartphone-christmas
Indonesia tercatat menjadi negara dengan pertum-buhan penjualan smartphone dan phablet terbesar dibandingkan negara-negara Asia tenggara lainnya.
Dalam catatan GFK, secara volume unit yang terjual di Indonesia dalam 12 bulan terakhir tumbuh 70 persem. Lebih tinggi dibandingkan Vietnam yang mencapai 56 persen dan Thailand 44 persen.
Sedangkan dari sisi valuasi, seperti dipaparkan lembaga riset itu dalam keterangannya, Kamis (23/10), Indonesia mengalami pertumbuhan 32 persen. Masih lebih tinggi dibandingkan Thailand 31 persen, namun di bawah Vietnam yang mencapai 52 persen.
Secara total, penjualan smartphone dan phablet dalam setahun terakhir di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja mencapai 120 juta unit dengan valuasi USD 16,4 miliar.
Angka ini juga merefleksikan kenaikan secara total sekitar 44% dari sisi volume penjualan, dan 24 persen dalam hal valuasi nilai dibandingkan periode yang sama tahun 2013 lalu.
Menurut Account Director for Digital World di GfK Asia, Gerard Tan, pertumbuhan penjualan di sejumlah negara berkembang lebih banyak dipicu oleh migrasinya pengguna feature phone ke smartphone.
“Contohnya, di Indonesia, Vietnam, dan Thailand yang menunjukkan pertumbuhan rata-rata 30 persen di pendapatan, sedangkan unit yang dijual tumbuhnya lebih tinggi lagi,” ujarnya yang dilansir detikcom.
Faktor lain yang memicu naiknya volume angka penjualan smartphone dikarenakan semakin banyak vendor asal China yang jor-joran merilis ponsel dengan harga yang murah.
Smartphone buatan China ini menguasai pangsa pasar sekitar 10% di Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Sementara ponsel merek lokal di Indonesia, juga tercatat mengalami pertumbuhan 16% di sisi volume dan 7 persen secara valuasi.
Strategi jual murah ala ponsel China ini juga dinilai GFK membuat sejumlah brand ponsel ternama ikut pusing. Pasalnya, ada sekitar 345 brand ponsel China yang beredar di pasar yang membombardir pasar dengan smartphone di di kisaran harga USD 50 hingga USD 200.
Hal itu jelas membuat brand ternama jadi kian tertekan. Pasalnya, ponsel yang dipasarkannya rata-rata paling murah berkisar USD 253. Belum lagi untuk seri flagship, harganya dinilai masih jauh dari jangkauan masyarakat pengguna pada umumnya.(*)

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

Categorised in: ,

No comment for Indonesia Paling Konsumtif Belanja Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *