Jangan Sepelekan Nama Anda di Internet, Jika tidak Mau Dijual Orang Lain

Alhamdulillah blog ini kembali dengan domain dot com, faradika.com setelah 2 tahun diambil orang yang tidak bertanggung jawab dan dijual dengan harga puluhan juta, dan saya putuskan untuk tidak ambil atau beli domain tersebut.

bisnis domain, booking domain

Begini ceritanya, pada akhir 2017 itu saya sakit dan memang istirahat total di tempat tidur tidak bisa kerja apa-apa, hingga akhirnya banyak domain dan hosting yang sedang berjalan selama saya sakit itu tidak terurus, dan salah satunya adalah weblog ini, domain faradika.com ini sudah saya pakai selama 8 tahun, karena ini memang nama saya dan digunakan untuk sharing, sampai-sampai dulu bikin halaman kampus.faradika.com dan akhirnya itu juga harus mati karena tidak terurus, karena tidak terurus selama sakit, di bulan maret 2018 saya coba order kembali domain faradika.com ternyata sudah ada yang beli, dan di cek ternyata dijual dengan harga lumayan tinggi, diatas 1000USD, dan kenapa saya harus ambil, hehe.

Saya sempat mikir, kenapa yah orang mau ambil domain tersebut, apa memang memiliki reputasi baik di mesin pencari, atau memang sudah terkenal, dan apapun itu alasannya domain itu diambil orang, akhirnya saya putuskan untuk pakai domain .id, itu saya gunakan sampai tahun 2020 ini.

Dan pada september ini dilihat domain tersebut juga expired karena jarang buka email notif perpanjangan, dan setelah dicek, domain faradika.com sudah gak ada yang punya, Alhamdulillah kembali bisa digunakan.

Meskipun sudah banyak kata kunci yang tertinggal di domain lama, dan kata kunci domain ini sudah mulai hilang selama 2 tahun, saya tetap putuskan untuk gunakan dot com lagi.

Jadi, satu pelajaran tentang nama domain, jangan anggap enteng dan sepele nama anda di internet, karena nama adalah salah satu yang bisa dijual di internet, buktinya banyak nama-nama kota dengan domain .com itu tidak digunakan, hanya dijual dengan harga selangit.

Jika hari ini anda belum memiliki blog/website dengan nama sendiri atau perusahaan, segera miliki, sebelum nama anda dicatutu orang lain dan anda harus bayar mahal, padahal biaya domain .com itu per tahun sekitar 150 ribu saja.

Sekian, semoga nama baik kita tetap terjaga.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.