Panduan Review Jurnal

Berikut Panduan Mereview Jurnal secara umum,

Pertama Kalian Harus Identifikasi dulu identitas Jurnal dan tuliskan pada bagian atas lembaran review, setelah identitas jurnal di dapatkan, silakan lakukan beberapa tahaoan berikut

 

Baca jurnal secara keseluruhan.
Penulisan jurnal seringkali menggunakan bahasa yang cukup rumit dan sulit untuk dipahami. Oleh karenanya, penting sekali untuk bisa membaca keseluruhan jurnal secara teliti, bahkan hingga membacanya lebih dari satu kali.

Sambil membaca jurnal keseluruhan kalian bisa menggaris bawahi kalimat-kalimat penting dalam jurnal yang menurut kalian termasuk pada topik bahasan utama jurnal. Ini akan sangat memudahkan kalian dalam melakukan tahap review jurnal selanjutnya.

Tulis identitas jurnal.
Identitas jurnal memuat nama penulis artikel jurnal, judul artikel jurnal, jurnal yang mempublikasi artikel tersebut, nomor volume dan nomor issue, tanggal publikasi dan jumlah halaman jurnal. Identitas jurnal ini sangat penting untuk ditulis salah satunya agar nanti dapat memudahkan penulisan dalam daftar pustaka atau sitasi.

Tulis ringkasan isi jurnal sebagai pembuka.
Isi jurnal dapat memuat, latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, teori yang digunakan hingga hasil penelitian. Sebagai pembuka review jurnal kalian bisa menuliskan ringkasan isi jurnal dari hal-hal di atas.

Tidak perlu secara lengkap menjelaskannya. Kalian cukup membuat satu sampai tiga paragraf saja tergantung dari panjangnya artikel jurnal. Biarpun singkat, ringkasan jurnal ini harus bisa menjelaskan detail tentang artikel, tujuan penulis dalam menulis artikel, serta bagaimana tujuan tersebut dicapai, dan seperti apa hasilnya.

Tulis gagasan atau pendapat pribadi tentang jurnal.
Setelah menuliskan ringkasan isi jurnal kalian bisa memberikan gagasan atau opini pribadi kalian mengenai jurnal yang sudah kalian baca.

Pada tahap ini, kalian bisa memberikan pemahaman kalian tentang artikel jurnal, saran atau rekomendasi terkait, limitasi atau keterbatasan penelitian, dan lain sebagainya. Menulis gagasan pribadi tentang jurnal juga bisa kalian lakukan dengan menuliskan kelebihan juga kekurangan artikel jurnal yang kalian review.

Tulis kesimpulan dari hasil review.
Setelah menuliskan pendapat pribadi, tahapan selanjutnya adalah menuliskan kesimpulan dari hasil review yang kalian tulis. Kesimpulan hasil review bisa berupa pemahaman juga pendapat kalian secara garis besar tentang isi artikel jurnal yang kalian review.

Periksa ulang hasil review.
Setelah selesai menuliskan review jurnal, kalian bisa memeriksanya ulang dengan membaca kembali hasil review jurnal untuk mencari kesalahan penulisan dan kesalahan lainnya yang mungkin pernah terlewat. Memeriksa ulang hasil review jurnal juga dapat memberikan perspektif baru bagi kalian dalam melihat hasil review jurnal yang kalian buat.

 

FORMAL PENULISAN REVIEW JURNAL SILAKAN LIHAT DISINI

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.