Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Psikosomatik, Gangguan Psikis Masyarakat Perkotaan

Psikosomatik, Gangguan Psikis Masyarakat Perkotaan

(746 Views) September 15, 2014 10:13 am | Published by | No comment

122217_stres460MIRA merupakan lulusan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Padang. Saat ini tengah menjalani interview di salah satu perusahaan. Sayangnya, sebelum menjalani interview, Mira merasakan perutnya melilit dan badan keringat dingin. Akibatnya, ia merasa tidak tenang selama diwawancara.
Tak hanya itu, Andri juga merasakan hal yang sama. Sehari sebelum menaiki pesa wat terbang untuk menjalan kan tugas ke luar kota, kepa lanya pusing dan migrain. Bahkan sebelum masuk ruang sidang, ia bolak balik ke kamar kecil seperti ingin buang air kecil.
Kenapa terjadi seperti itu ? Tanpa sadar, otak kita terbebani dengan pikiran mengenai kegiatan yang akan kita lakukan itu. Mi salnya kita takut akan me ngalami rintangan atau akan ada masalah, sehingga me nimbulkan stress dan alam bawah sadar tidak bisa mene rima tekanan itu, sehingga terjadilah hal seperti diatas.
Pusing, keringat dingin, tangan basah, sakit perut dan melilit akibat pikiran, merupakan gejala dari psiko somatik. Gejala penyakit ini banyak terjadi pada wanita dan pria mulai dari usia remaja sampai dewasa, bah kan lanjut usia.
Di wilayah perkotaan atau kota-kota besar, kasus gang guan psikosomatik cukup tinggi. Berdasarkan survei Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Badan Penelitian dan Pengembang an Kesehatan Departemen Kesehatan dan Dinas Kese hatan DKI Jakarta, dari survei yang dilakukan terhadap 1.639 responden dari lima wilayah DKI Jakarta selama 2006, angka kejadian ansie tas (kecemasan) pada masya rakat DKI Jakarta mencapai 39,8% dan kejadian depresi sebesar 28,4%.
Keluhan depresi dan ansie tas, menurut hasil survei tersebut, lebih banyak dite mukan pada responden pe rempuan. Tingginya gang guan psikosomatik pada ma syarakat perkotaan antara lain disebabkan oleh peru bahan gaya hidup serta peru bahan kultur dan budaya yang mengikuti perkemba ngan perkotaan.
Apa psikosomatik itu?
Psikosomatik berasal dari kata Psyche yang artinya jiwa, dan soma yang artinya badan. Jadi psikosomatik adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan jiwa dan badan.
Para penderita psikoso matik, umumnya mengeluh kan gangguan yang berkaitan dengan sistem organ, seperti :
1. Kardio-vaskuler, keluhan jantung berdebar-debar, ce pat lelah

2. Gastro-intestinal, keluh an ulu hati nyeri, mencret kronis

3. Respiratorlus, keluhan sesak napas, asma

4. Dermatologi, keluhan gatal, eksim
5. Muskulo-skeletal, keluh an encok, pegal, kejang
6. Endokrinologl, keluhan hipertiroidi, hipotiroidi, dis menorea

7. Urogenital, kehuhan masih ngompoh, gangguan gairah seks

8. Serebro vaskuler, keluh an pusing, sering lupa, sukar konsentrasi, kejang epilepsi.
Selain itu, masalah keji waan yang menyertainya yaitu gejala anxietas dan gejala depresi.
Penanganan Psikosomatik
Untuk keluhan psikoso matik ini, dokter biasanya tidak hanya melakukan peng obatan terhadap gejalanya dengan memberi obat, tetapi juga terhadap kejiwaannya, misalkan dengan membe rikan kepercayaan dan keya kinan.
Mencari tahu penyebab terjadi psikosomatik, misal nya dengan melihat faktor keluarga atau orang tua, karena orang terdekat bisa menjadi sumber penyebab atau bisa menjadi sumber terapi.
Pola hidup yang baik se perti olah raga, makan ma kanan yang sehat dan teratur.
Meningkatkan ibadah atau meluangkan waktu untuk relaksasi diri.
(016/berbagai sumber : singgalang)

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

Categorised in:

No comment for Psikosomatik, Gangguan Psikis Masyarakat Perkotaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *