Siapkah Guru “Teks” Mengajar “Anak Digital” ?

foto-perangkat-digital-pengaruhi-sensitivitas-emosi-anakfaradika.com | Melihat fenomena pendidikan saat ini memang kadang kita merasa ada yang belum tepat dari proses yang dijalankan, banyak anak sekolah yang berperilaku tidak sewajarnya, banyak ketimpangan dalam dunia pendidikan.

Pertanyaannya¬†Siapkah Guru “Teks” Mengajar “Anak Digital” ?¬†

Siapa Guru Teks ? Guru teks disini saya maksud adalah kita tenaga pengajar yang memang disaat mengecap pendidikan dulu belum merasakan dan menikmati teknologi seperti saat ini, sehingga pengetahuan kita hanya sebaatas teks book dan apa yang ada di buku.

Berbeda dengan anak digital saat ini, yang dari lahir mereka sudah memiliki arsip dalam bentuk digital, contohnya baru saja lahir langsung tersimpan gambarnya dalam media elektronik, sementara dulu kita harus berfoto dan dicetak, hasilnya pun dalam bentuk kertas.

Baru saja anak zaman sekarang mengenal benda, gadgetlah yang paling sering mereka lihat, tidak sedikit orang tua yang sekarang sibuk dengan gadet ketika mengasuh anak, ya jadinya anak juga bertanya tentang alat tersebut.

Sekarang permasalahnnya ketika di bangku sekolah, sudah siapkah Guru mengajar anak-anak yang serba digital ? Masihkah ada larangan bagi anak untuk menggunakan gadget ?

Itu persoalan bagi tenaga pengajar yang memang belum mau mengupdate ilmu dan belajar ulang kembali tentang teknologi, apapun mata pelajarannya semua harus memanfaatkan teknologi, tidak ada mata pelajaran yang tidak membutuhkan teknologi saat ini.

Kalau kita bicara soal materi pelajaran, mungkin siswa akan lebih cepat mencari tau sendiri daripada kita berikan dikelas, contohnya, ketika guru mencatatkan di depan, siswa mencatat, entah kapan lagi mereka akan baca buku catatan tersebut.

Jadi, menurut saya pendidikan saat ini tidak harus mentrasnfer ilmu secara keseluruhan kepada siswa, cukup memberi motivasi dan arahkan mereka untuk benar dan tepat memanfaatkan teknologi, mereka bisa mencari di Internet, kita cukup mengajarkan dan mengarahkan bagaimana cara mencari dan mendapatkan informasi yang tepat di internet, bagaimana teknologi tersebut bisa menjadikan mereka lebih mudah dalam belajar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.