Hati hati, Aplikasi Gadungan ini dapat Menghapus Semua Data Pengguna Android

Malware-Android-Angry-Birds-TransformersSebuah malware Android baru yang berjenis trojan telah menyamar sebagai game Angry Birds Transformers dan dapat menghapus semua data yang tersimpan di perangkat telah menyebar. Malware ini tampaknya tidak didesain untuk menghasilkan uang bagi pembuatnya, melainkan memberikan bencana bagi pemilik perangkat karena data yang terseimpan terancam oleh malware ini.

Berdasarkan hasil penyelidikan dari peneliti keamanan, malware ini disebut dnegan Android.Elite.1.origin yang menyamarkan dirinya dengan game Angry Birds Transformers besutan Rovio yang dijadwalkan akan dirilis akhir Oktober 2014 ini. Tak hanya mengancam akan menghapus semua file yang tersimpan di perangkat, malware ini juga memblokir akses ke aplikasi tertentu.

Malware berupa trojan ini selain menjengkelkan, juga berbahaya karena file yang tersimpan pada tablet atau smartphone Android. Malware ini menyamar sebagai game Angry Birds Transformers yang belum dirilis agar dapat menarik penggunaAndroid dan hal ini mengakibatkan penyebarannya begitu cepat.

Anehnya, trojan Android Elite ini tidak membutuhkan hak administratif untuk melancarkan aksi penghapusan data, pemblokiran akses aplikasi, dan mengganggu fungsi komunikasi perangkat. Beberapa aplikasi yang diblokir aksesnya adalah SMS, Facebook, WhatsApp, dan Google Hangouts. Kemungkinan masih ada aplikasi lain yang diblokir aksesnya oleh malware ini.

Untungnya malware Android Elite ini hanya memblokir aplikasi dan SMS saja, sehingga panggilan telepon masih dapat dilakukan pada smartphone yang telah terinfeksi. Konyolnya, malware tersebut mengirim pesan ke semua yang ada di daftar kontak dan mempromosikan operator dari malware itu sendiri.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (05/10/2014), malware Android Elite ini melakukan pengiriman pesan tersebut setiap lima detik dan dipastikan akan membuat pulsa atau tagihan pengguna membengkak.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.