Perbandingan hasil selfie iPhone XS Max dengan iPhone X terdahulu

iPhone XS dan XS MaxApple

Beberapa pekan setelah dipasarkan, beberapa pemilik awal iPhone XS dan XS Max mengeluhkan kualitas jepretan kamera depan. Hasil fotonya dianggap kelewat halus sehingga tampak palsu.

Apple berjanji akan memperbaiki masalah itu dalam update iOS 12.1 dengan pengaturan algoritma untuk SmartHDR yang memungkinkan hasil selfie terlihat lebih natural. Hari ini, pembaruan sistem operasi tersebut mulai digulirkan.

Sebelumnya, Apple sempat menjelaskan bahwa hasil foto selfie iPhone XS dan iPhone XS yang terlalu mulus diakibatkan oleh adanya bug di sistem HDR kamera.

Walhasil, jepretannya tampak seperti ditambahi filter “beautify” seperti yang marak dipakai di ponsel lain, meski kedua iPhone sebenarnya tidak menerapkan modifikasi untuk permak wajah seperti macam demikian.

Di samping itu, dalam iOS 12.1 Apple juga memperkenalkan depth control untuk foto mode portrait di lini iPhone baru.

Perbandingan hasil selfie iPhone XS Max dengan iPhone X terdahulu.Avery Hartmans/ Business Insider

Dengan depth control ini, pengguna bisa mengubah ruang tajam (depth of field) menggunakan slider dalam mode preview atau sebelum jepretan dilakukan secara real time. Sebelumnya, depth of field hanya bisa diatur setelah mengambil gambar.

Facetime Group, dual SIM dan 70 emoji baru

Pembaruan lain yang signifikan di iOS 12.1 adalah FaceTime yang kini bisa menampung panggilan audio dan video hingga 32 orang. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa dilakukan oleh dua pengguna saja.

Di tampilan anatarmuka yang baru, saat panggilan video grup berlangsung akan muncul beberapa kotak menampilkan lawan bicara yang sedang aktif.

Kemudian, orang yang aktif berbicara akan muncul paling depan, sementara pengguna yang lebih banyak mendengarkan akan berada di belakang dengan ukuran kotak lebih kecil.

Salah satu pengguna juga bisa menunjuk orang lain untuk berbicara di layar paling depan.

Fitur ini akan mendukung semua lini iPhone, iPad, dan komputer Mac terbaru.

Apple turut menelurkan dukungan dual SIM untuk trio iPhone baru yakni iPhone XS, iPhone XR, dan XS Max. Dengan demikian, pengguna bakal bisa memasang kartu SIM fisik sebagai nomor ponsel utama, kemudian ditambahkan eSIM untuk nomor ponsel kedua.

iOS akan memberi tahu mana nomor ponsel yang sedang aktif digunakan dan akan menampilkan indikator sinyal kedua kartu SIM.

Dukungan eSIM tidak berlaku di China, maka Apple menyediakan opsi iPhone baru dengan dua slot kartu SIM fisik. Untk informasi lebih lanjut tentang dual SIM ini, bisa dilihat di tautan berikut.

Kemudian, sebagaimana KompasTekno lansir dari The Next Web, Selasa (30/10/2018), Apple menambahkan 70 emoji baru termasuk ekspresi freezing face (wajah membeku), pleading face (wajah memohon), selada, cupcake, dan simbol tak terhingga (infinity).

Pengguna perangkat Apple yang sebelumnya bisa memperbarui perangkatnya ke iOS 12 dipastikan bisa pula memasang update ke iOS 12.1 ini.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.