Tips untuk Guru, Siswa dan Orang Tua Selama Belajar Daring

Kuliah Online atau Belajar Online, dulu jika anka-anak sekolahan main HP dirumah akan kena tegur bahkan kena marah oleh orang tua dirumah, itu karena belum tau bagaimana pemanfaatan smartphone yang optimal untuk pendidikan, baik anak, maupun orang tua tidak sinkron.

Sekarang mau gimana lagi ?, harus pakai Smartphone untuk belajar dirumah, banyak waktu di smartphone dengan tujuan pendidikan, wabah Covid-19 masuk ke Indonesia, beberapa daerah sudah memberlakukan kebijakan belajar dari rumah, dan masih ada sebagian daerah yang sekolah seperti biasa.

Nah, untuk menghadapi masa belajar dirumah ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh semua pihak yang terlibat di dunia pendidikan. Mulai dari guru, kepala sekolah, orang tua dan siswa tentunya. Bagaimana pemanfaatan aplikasi Online ini untuk belajar dari rumah,

Jika kita lihat dari tools, sudah sangat banyak tools yang bisa digunakan untuk pendidikan jarak jauh, sudah sangat banyak yang menydiakan fasilitas tersebut, namun selama ini sudah pernahkan digunakan untuk kita menerapkan sistem Blended learning ?, jika belum artinya harus belajar menggunakan dari awal.

Berikut beberapa tips dari saya untuk Guru, Orang tua dan Siswa

Untuk Guru

Pendidikan jarak jauh bukanlah alasan untuk tidak memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa, artinya saat ini sangat banyak tools yang bisa kita gunakan agar tetap bisa berhadap-hadapan dengan siswa, setidaknya wajah kita berhadapan dengan siswa secara online, dan itu sama fungsinya, kita bisa berbicara dengan siswa, bahkan cara ini lebih efektif untuk anak-anak zaman sekarang, karena mereka lebih suka melihat layar daripada melihat orang nyata secara alngsung, siswa bisa merespon dengan cepat menggunakan emoticon yang familiar bagi mereka, ini terbukti dari tingginya angka tontonan di internet.

Jadi, para guru silahkan manfaatkan banyak hal untuk tetap memrikan pendidikan kepada siswa, misalnya gunakan Live Meeting seperti Zoom Meeting atau menggunakan iLive Facebook saja cukup sebenarnya jika ingin menyampaikan materi pelajaran. Artinya guru harus lebih kreatif dalam memberikan konten secara daring.

Untuk Orang Tua

Bagi orang tua yang belum memberikan keperacayaan penuh kepada anaknya untuk menggunakan smartphone, sekarang harus sediakan waktu mereka untuk pegang smartphone atau di laptop, karena mereka akan blajar disana, bimbing dan pantau aktifitas mereka di smartphone, karena di smartphone sangat banyak hal positif yang akan anak-anak dapatkan. Dampingi anak-anak untuk menggunakan aplikasi e-learning.

Untuk Siswa

Bagi siswa yang sudah terbaisa menggunakan smartphoen, sekarang harus ada perubahan aktifitas di smartphone, setidaknya aplikasi di smartphone harus ditambah dengan aplikasi e-learning, tidak hanya aplikasi game, sosmed dan lainnya. Karena dimanapun sekolah, minimal tinggal SMP, itu rata-rata siswa lebih hebat dari guru dalam bidang smerphone, jadi saling kolaborasilah dengan guru dan orang tua.

Siswa memiliki banyak ccara untuk pemanfaatan smartphone, jika dibandingkan dengan sebagian guru dan orang tua yang memanfaatkan smartphone hanya sampai di WA dan Facebook.

Saya pribadi menggunakan Aplikasi Google Classroom untuk mendukung aktifitas perkuliahan daring, dan aplikasi tambahan menggunakan Zoom Meeting untuk aktifitas video conference, sehingga semua bisa tatap muka secara online. Selain itu Instagram dan Facebook juga dimanfaatkan untuk kuliah daring ini.

Berikut beberapa rekomendasi dari kemdikbud untuk kuliah daring :

  1. Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id
  2. Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/
  3. Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id
  4. Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office
  5. Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/
  6. Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com
  7. Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas
  8. Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

Silahkan pilih mana yang lebih disukai, dan tentunya dengan dicoba dulu, dan kenapa saya gunakan Google Classroom ?, karena dengan fasilitas google kita sudah disediakan fitur lengkap dan semua tersedia untuk versi smartphonenya.

Sekian, silahkan diskusi dengan saya jika ada yang mau ditanyakan, http://t.me/faradikaid

Atau tonton tutorial Google Classroom saya di Youtube  FARADIKA.ID CHANNEL

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.